twitter


v  PERANGKAT JARINGAN
·         KARTU JARINGAN
Kartu Jaringan merupakan perangkat keras yang menerjemahkan sinyal-sinyal jaringan ke bentuk paket-paket data yang dimengerti computer. Komputer ini sering disebut kartu karena bentuknya seperti kartu kartu yang harus ditancapkan ke computer, baik pada slot PCI atau pun SCSI. Pada bagian belakang panel terdapat lubang konektor untuk menancapkan kabel jaringan.
Konektor  yang ada pada kartu jaringan ada dua macam yaitu bias disebut konektor BNC dan RJ-45 (UTP).
·         HUB
Hub atau konsentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap - tiap workstation, server atau perangkat lain.
·         REPEATER
Repeater Berfungsi untuk memperkuat sinyal sebuah segmen jaringan kesegmen jaringan lain repeater. Bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan panjang kabel karena sinyal yang melemah setelah menempuh jarak tertentu dapat diperkuat kembali.

·         BRIDGE
Bridge Berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang sama. Selain memperkuat sinyal seperti yang dilakukan repeater, bridge juga melakukan tranmisi ulang paket data dari suatu segmen kesegmen yang lainnya.

·         ROUTER
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.


·         SWITCH
Switch, cara kerja switch sama seperti Hub, tetapi switch memeliki sejumlah port sehingga switch disebut multiport bridge, namun switch mempunya collision domain yang sangat mempercepat pengiriman data pada jaringan.

·         KABEL
Pertama kali LAN menggunakan kabel “Coaxcial”. Kemudian, kabel “twisted pair” yang digunakan dalam system telepon telah mampu membawa frekuensi yang lebih tinggi dan dapat mendukung trafik LAN. Dan saat ini, kabel fiber optic telah tampil sebagai pilihan kabel berkecepatan sangat tinggi.
Jenis-Jenis Kabel LAN
1.      COAXCIAL
Kabel coaxcial terdiri dari :
Ø  Sebuah konduktor tembaga
Ø  Lapisan pembungkus dengan ”kawat ground”
Ø  Sebuah lapisan paling luar
 
2.      UTP (UNSHIELDED TWISTER PAIR) UTP
Kabel “Unshielded Twister Pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan system telepon. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang warna konduktor tembaga yang sesetiap pasangnya berpilin. Kabel UTP terhubung keperangkat melalui konektor modular 8 pin yang di sebut konektor RJ-45. Semua protocol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP . Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45. Kabel UTP terbagi menjadi dua, yaitu Kabel Straight dan Kabel Crossover. Yang membedakannya adalah susunan kabel pada warna keduanya.

3.      SHIELDED TWISTER PAIR (STP)
Adalah jenis kabel telepon yang di gunakan dalam beberapa jenis instalasi. Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM.

4.      KABEL FIBER OPTIK

Adalah teknologi kabel terbaru yang terbuat dari glasoptic. Di tengah – tengah kabel terdapat vilamentglas , yang di sebut “ core ”, dan dikelilingi lapisan “cladding” , “buffer coating” , material penguat dan pelindung luar informasi transmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya.

1 komentar:

  1. Untuk menambah referensi pembaca, bisa kunjungi blog saya, kebetulan saya punya materi yang lebih detail tentang Jaringan Komputer , salah satunya artikel tentang urutan warna kabel UTP ini

    Terima Kasih - Salam blogger Indonesia

Posting Komentar